Jumat, 03 Februari 2017

Silabus PKn Kelas 6 Smt 1 KD 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :  SD NEGERI UNGGULAN
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :  VI
Semester                                                 :  1
STANDAR KOMPETENSI                :   1.     Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Perjuangan Meraih Kemerdekaan.
§  Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing
§  Perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
§  Kebangkitan Nasional.
§  Organisasi mem-perjuangkan kemerdekaan
§  Sumpah Pemuda.
§  Isi Sumpah Pemuda.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945

§  Membahas perjuangan-perjuangan
§  Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia.
§  Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan.
§  Membahas isi Sumpah Pemuda
§  Membahas isi Pancasila
§  mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
§  Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§  Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§   Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
§  Tugas individu
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian tulis
§  Penilaian sikap
§  Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2 x 35 (menit)
§  Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sri-wilujeng, M.pd.) hal 1-4, 4-11, 12-19.
§  Teman
§  Orang tua
§  Koran. Dst.
1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Proses perumusan Pancasila.
§  Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Isi perumusan Dasar Negara
§  Panitia Sembilan
§  Anggota Panitia Sembilan
§  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
§  Membahas Persiapan Kemerdekaan  Indone-sia.
§  Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdeka-an Indonesia.
§  Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI.
§  Menyebutkan nama-nama para tokoh peru-mus Dasar Negara RI.
§  Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar Negara RI.
§  Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta
§  Membahas Panitia Persiapan Kemerdeka-an Indonesia
§  Membahas isi Pancasila
§  Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta
§  Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
Tugas Individu
§  Penilaian unjuk kerja.
§  Penilaian tulisan.
§  Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
4 x 35 menit
§  Buku Paket hal 4 -11.
1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharí-hari
§  Meneladani nila-nilai perjuangan
§  Membaca dan mengamati gambar.
§  Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat lalu mewarnainya.
§  Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
§  Tugas individu
§  Penilain tulisan.
§  Penam-pilan kap.
§  Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
2 x  35 menit.
§  Buku Paket

§  Perjuangan membela kemerdekaan:
§  Persiapan kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
§  Teladan para pejuang
§  Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Tugas latihan.
§  Ulangan harian.
§  Pilihan ganda.
§  Essai.
§  Arti Pancasila adalah ....
a.  tiga sila
b.  empat sila
c.  lima sila
d.  enam sila



2 x 35 menit
§  Buku paket hal 23– 24.
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar